SELAMAT DATANG DI BLOG IMAJINASI SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA SEKALIAN BLOG INI MERUPAKAN TUGAS KDPF SAYA SEBAGAI MAHASISWA FISIKA 2010 MOHON KRITIK DAN SARANNYA

Senin, 03 Juni 2013

kemagnetan bahan

Kemagnetan Bahan
            Penggolongan suatu benda bisa didasarkan pada sifatnya. Apakah kamu pernah menyaksikan sebuah benda yang dapat menarik benda logam? Nah, Kemampuan suatu benda menarik benda lain yang berada di dekatnya   inilah yang disebut  kemagnetan.  
Berdasarkan   kemampuannya sebuah benda yang dapat menarik benda lainnya dibedakan menjadi dua, yaitu benda magnet dan benda bukan magnet.
Namun demikian tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet. benda-benda yang tertarik oleh magnet disebut benda magnetik. sebaliknya, benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda nonmagnetik.
Benda magnetikpun memiliki kekuatan berbeda,  ada yang dapat ditarik kuat, dan   ada   yang   ditarik   secara   lemah.   berdasarkan sifat inilah maka benda dikelompokkan lagi menjadi tiga,  yaitu  benda  feromagnetik,  benda paramagnetik, dan benda diamagnetik. Benda yang ditarik kuat oleh magnet  disebut  benda  feromagnetik.  Contohnya  besi,  baja,  nikel, dan kobalt. Benda yang ditarik lemah oleh magnet disebut benda paramagnetik. Contohnya platina, tembaga, dan garam. Benda yang ditolak  oleh  magnet  dengan  lemah  disebut  benda diamagnetik. Contohnya timah, aluminium, emas, dan bismuth.
          Benda-benda magnetik yang bukan magnet dapat dijadikan magnet.  Benda  itu  ada  yang  mudah  dan  ada  yang  sulit  dijadikan magnet.  Baja  sulit  untuk  dibuat  magnet,  tetapi  setelah  menjadi magnet sifat kemagnetannya tidak mudah hilang. Oleh karena  itu, baja digunakan untuk membuat magnet tetap (magnet permanen). Besi mudah untuk dibuat magnet, tetapi jika setelah menjadi magnet  sifat  kemagnetannya  mudah  hilang.  Oleh  karena  itu,  besi digunakan untuk membuat magnet sementara. Setiap benda magnetik pada dasarnya terdiri magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer. Cobalah mengingat kembali teori partikel zat di kelas VII. prinsip membuat magnet adalah mengubah susunan magnet elementer yang tidak beraturan menjadi searah dan teratur

0 komentar:

Posting Komentar