SELAMAT DATANG DI BLOG IMAJINASI SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA SEKALIAN BLOG INI MERUPAKAN TUGAS KDPF SAYA SEBAGAI MAHASISWA FISIKA 2010 MOHON KRITIK DAN SARANNYA

Senin, 03 Juni 2013

medan magnet

Medan magnet 
            Dalam ilmu Fisika, adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya. (Putaran mekanika kuantum dari satu partikel membentuk medan magnet dan putaran itu dipengaruhi oleh dirinya sendiri seperti arus listrik; inilah yang menyebabkan medan magnet dari ferromagnet "permanen"). Sebuah medan magnet adalah medan vektor: yaitu berhubungan dengan setiap titik dalam ruang vektor yang dapat berubah menurut waktu. Arah dari medan ini adalah seimbang dengan arah jarum kompas yang diletakkan di dalam medan tersebut.

          Medan magnet adalah daerah di sekitar magnet yang masih ada gaya tarik atau gaya tolak magnet. Bila serbuk besi ditaburkan di dekat kutub magnet, maka serbuk besi itu akan membentuk pola yang menunjukkan arah medan magnet. Pola itu disebut garis gaya magnet.
Garis gaya magnet adalah garis-garis lengkung yang menunjukkan adanya gaya magnet.
Sifat-sifat garis gaya magnet adalah sebagai berikut:
        1. arahnya selalu dari kutub utara menuju ke kutub selatan
        2. semakin rapat garis gaya, semakin kuat medan magnetnya.

Bumi memiliki sifat magnet
Bumi dianggap sebagai magnet yang sangat besar, lengkap dengan kutub utara dan kutub selatan. Kutub utara magnet bumi letaknya dekat dengan kutub selatan geografis bumi. Kutub selatan magnet bumi letaknya dekat dengan kutub selatan geografis bumi.
Jarum Kompas selalu menunjukkan arah utara dan selatan karena pengaruh gaya tarik magnet bumi. Arah tersebut tidak tepat utara dan selatan tetapi sedikit menyimpang sehingga membentuk sudut.

0 komentar:

Posting Komentar