SELAMAT DATANG DI BLOG IMAJINASI SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA SEKALIAN BLOG INI MERUPAKAN TUGAS KDPF SAYA SEBAGAI MAHASISWA FISIKA 2010 MOHON KRITIK DAN SARANNYA

Senin, 03 Juni 2013

konsep kutub magnet

KONSEP KUTUB MAGNET
Menurutmu, apakah gaya magnetik (kekuatan magnet) pada sebuah magnet  sama kuat pada setiap bagian magnet?  Gaya magnetik paling kuat dari sebuah magnet terdapat pada kedua ujungnya. Ujung-ujung magnet ini disebut kutub-kutub magnet. Dengan demikian, sebuah magnet selalu memiliki dua kutub. Garis lurus yang melalui kedua kutub ini disebut sumbu magnet.    
Arah memanjang sumbu magnet batang selalu ke arah utara – selatan. Karena itu ujung yang menunjuk ke arah utara dinamakan kutub utara (ditandai dengan U) dan yang menunjuk ke arah selatan dinamakan kutub selatan (ditandai dengan S).
Bagaimanakah bentuk dan ukuran sebuah magnet? Sebuah magnet bagaimanapun bentuknya selalu mamiliki dua kutub. Satu kutub ditandai dengan kutub utara dan kutub lainnya ditandai dengan kutub selatan. Magnet-magnet terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Bentuk paling sederhana adalah magnet batang yang terbuat dari besi. Bentuk magnet umum lainnya adalah  bentuk tapal kuda, bentuk U, bentuk cakram, bentuk cincin, bentuk silinder. Magnet bentuk cakram banyak dijumpai pada sepatu anak-anak yang berfungsi menempelkan kancing sepatu dengan kuat. 
TAHUKAH KAMU?
1.      Kompas
Kamu menggunakan kompas untuk menentukan arah utara, selatan, timur, barat. Disini kompas menggunakan magnet Bumi yang menyebabkan jarum magnet selalu menunjuk ke arah utara.
2.   Kereta api supercepat
Kereta supercepat umumnya menggunakan motor listrik sebagai penggerak rodanya. Salah satu yang paling cepat dari jenis ini adalah kereta expres TGV (Train a Grande Vitresse) yang merupakan kereta antarkota di Prancis. Kereta ini dapat mencapai kecepatan 515 km/jam tetapi demi keselamatan hanya dipacu 299 km/jam. TGV menyedot 25.000 Volt listrik dari kawat listrik di atasnya melalui per penarik yang disebut pantograf. Listrik mengalir ke bawah melalui gerbang mesin menuju 12 motor penarik tambahan, yang terletak di roda. Bagaimanakah prinsip kerja motor listrik dc sehingga dari suplai arus dc dapat menghasilkan putaran cepat? Bagaimanakah desain kereta TGV sehingga dapat melaju sangat cepat bagai peluru di atas relnya?



0 komentar:

Posting Komentar