SELAMAT DATANG DI BLOG IMAJINASI SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT BAGI ANDA SEKALIAN BLOG INI MERUPAKAN TUGAS KDPF SAYA SEBAGAI MAHASISWA FISIKA 2010 MOHON KRITIK DAN SARANNYA

Senin, 03 Juni 2013

sifat-sifat magnet

SIFAT-SIFAT MAGNET
Secara sederhana, kemagnetan diartikan sebagai tarikan sebuah magnet terhadap benda-benda lainnya. Tidak semua benda dapat ditarik oleh sebuah magnet .
·      Bahan magnetik dan bahan bukan magnetik
Benda- benda yang dapat ditarik oleh sebuah magnet digolongkan sebagai ferromagnetik (bahan magnetik). Misalnya : besi, baja, nikel, dan kobalt.
Sedangkan benda yang tidak dapat ditarik oleh sebuah magnet digolongkan sebagai bahan bukan magnetik. Misalnya: tembaga. aluminium, plastik, dan karet.
·      Magnet keras dan magnet lunak
Bahan-bahan magnetik (ferromagnetik) dibedakan menjadi magnet keras dan magnet lunak, bergantung pada kemampuan bahan menyimpan sifat magnetiknya.
1.    Bahan-bahan magnet keras
Merupakan bahan yang sukar dijadikan magnet, tetapi setelah menjadi magnet, sifat kemagnetannya bertahan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, umumnya bahan ini digunakan untuk membuat magnet-magnet permanen, seperti pita kaset. Contoh dari bahan-bahan magnet keras adalah  baja dan alcomax ( logam paduan besi).
2.    Bahan-bahan magnet lunak
Merupakan bahan yang lebih mudah dijadikan magnet, namun setelah menjadi magnet, sifat kemagnetannya mudah hilang ( hanya bertahan sementara waktu) sehingga pada umumnya bahan-bahan ini digunakan untuk membuat elektromagnet ( magnet listrik) karena bahan-bahan ini hanya bersifat magnetik selama arus listrik mengalir melalui kawat yang dililitkan pada bahan ini. Dan jika arus listrik diputuskan, sifat magnetiknya akan hilang. Jadi, elektromagnet dapat diatur sifat magnetiknya (ada atau tidak ada) dengan menggunakan sebuah saklar sebagai pemutus arus.


0 komentar:

Posting Komentar